TRANSFORMASI MUNUJU PADANG LAWAS UTARA SMART REGENCY

Minggu, 03 September 2017 ~ Oleh redaksi berita ~ Dilihat 82 Kali

KAB. PADANG LAWAS UTARA- Menindak lanjuti pelaksanaan komitmen bersama yang ditandatangani pada tanggal 6 April 2017 antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Padang Lawas Utara dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Sumatera Utara, Bupati Padang Lawas Utara telah menetapkan rencana aksi lewat keputusan Bupati Nomor : 060/274/K/2017Tentang Tim Renaksi Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pemkab Padang Lawas Utara dengan capaian target dari tahun 2017csampaib2018 dan memenuhi target indikator terkait implementasi elektronik government (e-government) yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2014 tentang Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2013-2018.

Tindak lanjut tersebut dilaksanakan dengan beberapa penyusunan rencana strategis yang akan dilaksanakanmelalui focus group discussion (FGD) yang diketuai oleh Sekretaris Daerah. Di dalam rapat-rapat tim tersebut dibahas beberapa target-target yang telah ditetapkan didalam komitmen bersama meliputi perencanaan pembangunan (e-planning), penganggaran (e-budgetting), pelayanan perizinan on-line, traking system dan pengaduan, penguatan peran inspektorat, penerapan sistem tambahan penghasilan pegawai berbasis kinerja, pembentukan unit layanan pengadaan mandiri pengadaan barang penggunaan e-katalog, mempersiapkan infrastruktur teknologi informasi berupa server, jaringan, sistem kelistrikan server, dan perangkat pendukung server dalam mendukung penerapan aplikasi e-planning, e-budgetting, e-perizinan dan aplikasibon-linenyang menjadi tuntutan dari penerapan e-Government.

Untuk mencapai komitmen bersama tersebut Bupati Padang Lawas Utara(Drs. Bachrum Harahap) menjalin kerjasama dengan pihak perguruan tinggi, penyedia layanan jaringan internet PT. Telkom dan pemerintah kabupaten/kota yang telah berhasil melaksanakan program pemberantasan korupsi terintegrasi untuk pengembangan dan pembangunan Paluta Smart Regency. Bupati berharap dengan penandatangan kerjasama antara Pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas Utara dan Politeknik Negeri Medan dalam pendampingan pengembangan dan pembangunan aplikasi-aplikasi layanan serta peningkatan kapasitas aparatur sipil negeri yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara akan mempercepat proses pelaksanaannya. Demikian juga dengan kerjasama PT. Telkom Indonesia sebagai penyedia layanan internet akan meningkatkan layananannya di Padang Lawas Utara yang diharapkan nanti mencakup 30 organisasi perangkat daerah, 12 kantor kecamatan, 20 unit pelaksana teknis daerah dan 388 desa/kelurahan di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Tugas Tim Renaksi Pemberantasan Korupsi terintegrasi Kabupaten Padang Lawas Utara yang menjadi target utama adalah Perencanaan, Pengelolaan dan penggunaan APBD dengan penyusunan konsep integrasi antara aplikasi perencanaan dan aplikasi penatausahaan keuangan sampaibdenganvimplementasi meemelalui sistem terintegrasi tahun dimulai 2017-2018 agar menjamin transparansi akuntabilitas dan konsistensinya.

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menargetkan dan membangun 11 aplikasi elektronik government akan terbangun ditahun 2017 dan aplikasi on-line lainnya ditahun 2018 yang akan dapat diakses melalui https://padanglawasutarakab.go.id, untuk memenuhi target tersebut digandeng tenaga ahli dari Politeknik Negeri Medan, sedangkan untuk pembangunan infrastruktur jaringan internet diperlukan investasi dari provider penyedia layanan jaringan komunikasi yang ada di Sumatera Utara dalam hal ini diharapkan investasi PT. Telkom Witel Sumatera Utara.

Hadir dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bersama Politeknik Negeri Medan dan PT. Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi Sumatera Utara yaitu :

- Bupati Padang Lawas Utara (Drs. H. Bachrum Harahap).

- Pimpinan DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara (H. Hariro Harahap, SE, M.Si)

- Tim Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pemkab Padang Lawas Utara yang diwakili oleh Plt. Kadis Kominfo Pemkab Padang Lawas Utara (Anwar Sadat Siregar, Se, M.Si) dan Kadis Pemod P2TSP Pemkab Padang Lawas Utara (H. Maralobi Siregar, S.Sos, MM) dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah.

- Ketua Tim Technical Asistance dari tim koordinasi supervisi dan pencegahan komisi pemperantasan korupsi (M. Safri Lubis)

- Pejabat mewakili Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara.

- Direktur Politeknik Negeri Medan (Muhammad Syahruddin ST, MT)

- General Manager PT. Telkom Witel Sumut (Binsar Uli Johner Silalahi)

- Dan Para Insan Pers Sumatera Utara

Smart Regency #berita

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT

Bupati & Wakil Bupati

...

JAJAK PENDAPAT

Menurut Anda apa yang perlu dibenahi dari Kabupaten Padang Lawas Utara?

LIHAT HASIL