Danau Tao Indah Yang Dikitari Hamparan Padang Rumput

Senin, 21 Agustus 2017 ~ Oleh redaksi berita ~ Dilihat 123 Kali

Danau Tao menjadi destinasi wisata alamyang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Sumatera Utara. Danau Tao ini kian indah dengan hamparan padang rumput nan indah. Berada di desa Batang Onang, Kecamatan Pasar Matanggor, Padang Lawas Utara.

 

Anda bisa menunggu bus jurusan Tapanuli di terminal amplas dan mengingatkan sopir nantinya untuk berhenti di Gunung Tua dengan memberikan Ongkos Rp. 150 ribu. Kemudian naik bus jurusan Gunung Tua - Pasar Matanggor - Batang Onang dengan biaya Rp 25 ribu. Jika Anda lebih memilih mengendarai mobil atau sepeda motor, anda cukup mengikuto rute Medan-Parapat- Balige-Tarutung- Sibolga-Padang Sidimpuan.

 

Anda bisa memarkirkan kendaraan di rumah penduduk atau di lahan tanah kosong sekitar danau dengan biaya Rp 20 ribu untuk mobil dan Rp 5 ribu untuk sepeda motor. Jarak dari Medan ke Padang Lawas sekitar 12 jam, jadi manfaatkan istirahat anda di penginapan sekitar Padang Sidimpuan terlebih dahulu. Atau jika budget anda memadai, bisa juga menggunakan jalur udara dengan naik jurusan Tapanuli Tengah dan nauk bus ke Padang Lawas sekitar 2 jam.

 

Usahakan datang ke danau pada pagi hari, jangan lewatkan pemandangan matahari terbit yang memantulkan warna keemasan di permukaan danau.

Jangan lewatkan pula aktifitas pengembala kerbau menuntun binatang ternaknya untuk makan dan minum dari danau.

 

Danau Tao berada di alam terbuka nan luas yang dipenuhi kekayaan alam yang alami, hijau dan indah. Penduduk sekitar pun mayoritas pengembala, petani dan nelayan. Jangan harap ada pemandangan gedung pencakar langit atau kemacetan kendaraan yang mengotori udara.

 

Wisatawan benar-benar disodorin menyatu bersama alam dengan mandiri membawa bekal dan berlindung di bawah pohon. Jika ingin menyusuri danau, harus nekat menggunakan getek dari rakitan bambu yang untuk berjalan harus dikayuh juga dengan kayuh bambu. Tapi, pemandangan sekitar danau, saat anda mengayuh getek, anda akan melihat beningnya air danau yang bewarna kehijauan dan indahnya padang rumput yang juga asri dan hijau di tanah yang sanagt sangat luas.

 

Rasanya tepat sekali penamaan kabupatennya Padang Lawas, karena kawasan ini cukup menawarkan pemandangan padang rumput nan lawas dan langka. Royhand Hasibuan, owner Explore Tabagsel, menuturkan akses menjadi kendala objek wisata ini sepu dari wisatawan. Padahal, kekayaan alamnya cukup mempesona tapi akses ke sana jalannya cukup bebatuan.

"Danau tersebut memiliki banyak jenis ikan yang cukup langka di danau kain yaitu ikan lonjing, danau seluas 2 hektare tersebut juga kerap dijadikan objek memancing untuk penduduk sekitar dna wisatawan," katanya.

 

Sementara itu Ifana, penduduk sekitar menuturkan makna Tao dalam bahasa Tapanuli adalah Danau. Tapi wisatawan yang datang kerap menyebutkan Danau Tao sehingga pengulangan danau diulang. "Wisatawan yang datang biasanya menginap di kota Padang Lawas Utara atau Padang sidimpuan, karena di sini tidak ada penginapan," katanya.

 

Source

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT

Bupati & Wakil Bupati

...

JAJAK PENDAPAT

Menurut Anda apa yang perlu dibenahi dari Kabupaten Padang Lawas Utara?

LIHAT HASIL