9 Desa Terpencil Ini Kompak Gelar Upacara HUT RI Sambil Menyuarakan Pemekaran

Senin, 21 Agustus 2017 ~ Oleh redaksi berita ~ Dilihat 101 Kali

Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-72, sembilan Desa dari 20 desa terpencil di wilayah Hulu Batang Pane, Kecamatan Padangbolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyelenggarakan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih bersama, Kamis (17/8) di lapangan Bola Desa Napa Gadung Laut.

Wilayah Hulu Batang Pane dalam teritorial Pemkab Paluta masih bagian dari wilayah Kecamatan Padangbolak. Daerah ini merupakan suatu wilayah terpencil yang berpenduduk kurang lebih 6 ribuan jiwa. Sedangkan melihat dari peta wilayah posisinya terletak sekitar 12 km di Pegunungan bagian utara Kota Gunung Tua yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Paluta.

Berdasarkan hasil kesepakatan bersama, 9 Desa dari 20 an Desa di wilayah Hulu Batang Pane, yakni Desa Hutaimbaru (II), Desa Napagadung laut, Desa Ambasang Natigor, Desa Botung , Desa Sigimbal, Desa Rampa Jae, Desa Rampa Julu, Desa Tanjung Marulak dan Desa Sungai Tolang, semuanya bermufakat menyelenggarakan peringatan upacara Pengibaran bendera Merah putih memperingati HUT RI ke 72 dan beberapa kegiatan perlombaan di Desa Napa Gadung laut.

Peserta yang mengikuti Upacara tersebut antara lain Murid SDN 101190 Napa Gadung Laut, SDN 101170 Tanjung Marulak, SDN 101180 Aek Gambir, SDN 101200 Dolok Sae, SDN 101160 Lubuk Torop, MIN Mabasang Natigor, Pondok Pesantren Darul Ulum Rampa Jae, Puskesmas Napa Gadung Laut dan perangkat desa serta dihadiri ribuan warga masyarakat di wilayah Hulu batang Pane.

Kepala Desa Napagadung Laut, Muhammad Husyein Harahap Spdi yang berperan sebagai desa tuan rumah yang juga sebagai ketua panitia penyelengagara kegiatan menjadi Pembina Upacara. Dalam penggalan pidatonya menyampaikan, mewakili seluruh masyarakat Hulu Batang Pane, mereka mengucapkan terimakasih kepada Bupati Paluta atas beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur dari APBD yang direalisasikan di wilayah mereka.

Namun mewakili delapan kepala desa yang berperan menyelanggarakan upacara tersebut, berharap agar Wilayah Hulu Batang Pane secepatnya dimekarkan menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Paluta, guna untuk mengefisienkan roda pemerintahan desa-desa diwilayah Hulu Batang Pane serta sebagai corong untuk mempercepat kemajuan wilayah Hulu Batang Pane.

Usai upacara, hal senada juga disampaikan Kepala Desa Botung, Panggabean Harahap didampingi Kepala Desa Amabasang Natigor, Manaruddin Harahap dan Kepala Desa Hutaimbaru II Amas Muda Siregar.

 "Sudah sewajarnya untuk dipertimbangkan daerah kami ini dimekarkan menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Paluta. Semoga di momen Upacara HUT RI yang ke 72 ini Bapak Bupati Paluta dan yang terhormat dan Anggota DPRD Kabupaten Paluta dapat merespon aspirasi kami ini," ungkap mereka penuh harap.

Selanjutnya, sesi Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Anggota Paskibra murid gabungan SDN d Hulu Batang Pane pada Peringatan HUT RI ke 72 di lapangan Sepakbola Desa Napa Gadung Laut, Kecamatan Padangbolak, Kabupaten Paluta.

Source

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT

Bupati & Wakil Bupati

...

JAJAK PENDAPAT

Menurut Anda apa yang perlu dibenahi dari Kabupaten Padang Lawas Utara?

LIHAT HASIL