• Seluruh SKPD di Padang Lawas Utara di wajibkan Untuk Menginput RUP T.A 2017 pada SiRUP LKPP. admin
  • Perhatian kepada Dinas Terkait untuk menginput PPID. Terima Kasih. Admin
  • Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara saat ini memiliki Halaman Fanspage Facebook untuk memberikan informasi ke masyarakat luas.. Admin
  • Kab. Paluta akan menyelenggarakan pelatihan penulisan & pengelolaan website pada hari senin-selasa (30-31 Oktober 2017). Daftarkan keikutsertaan perwakilan SKPD atau komunitas anda pada acara tersebut di nomor: 081397306008 Ali Siregar. Admin

Kajatisu Resmikan Kejari Gunung Tua

Sabtu, 01 April 2017 ~ Oleh redaksi berita ~ Dilihat 492 Kali

PALUTA - Kajatisu Muhammad Yusni SH MH meresmikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunung Tua, Senin (15/9) yang dulunya merupakan Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Gunung Tua.

Dalam acara peresmian itu, turut hadir tokoh Kejaksaan dan juga mantan Kajatisu Chairuman Harahap SH MH, Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap, Wabup H Riskon Hasibuan SE, Ketua DPRD Paluta sementara Mukhlis Harahap SHi, Walikota Psp Andar Amin Harahap SSTP, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Bupati Palas Ali Sutan Harahap, Kapolres Tapsel AKBP Parluatan Siregar, Dandim 02/12 Letkol Uyat SIP, Plt Sekda Paluta Tongku Palit Hasibuan, pimpinan SKPD Pemkab Paluta, tokoh adat dan budaya Paluta serta undangan lainnya.

Sebelum acara peresmian, terlebih dahulu pihak Kejari Gunung Tua melalui salah satu stafnya Affandhi membacakan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 11 tahun 2014 tentang pembentukan 6 Kejaksaan Negeri termasuk pembentukan Kejaksaan Negeri Gunung Tua.

Affandhi dalam kesempatan itu menyampaikan, sesuai Surat Keputusan Presiden RI itu, pasal 1 ayat 5 dinyatakan bahwa Kejari Gunung Tua berkedudukan di Kota Gunung Tua dan pasal 2 ayat 5, daerah hukum Kejari Gunung Tua meliputi wilayah Kabupaten Paluta.

Lalu, Kejari Gunung Tua Arie Sudihar SH MHum dalam sambutannya menyatakan, siap memberikan pelayanan terbaik dan siap melaksanakan tugas sebagai lembaga penegak hukum yang benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat Paluta.

Diharapkan kerjasama semua pihak untuk mewujudkan tegaknya hukum di Paluta dan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan Paluta yang cerdas, beriman, beragama, beradat dan bermartabat.

Sementara itu Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap dalam sambutannya juga mengatakan bahwa keberadaan Kejari Gunung Tua merupakan sejarah baru di Paluta, sebab semakin lengkap unsur pelaksanaan pemerintahan di Paluta di bidang yudikatif yang mana di Paluta dulunya hanya memiliki kantor Cabjari.

Ini sejarah baru di Paluta, setelah terbentuknya Kejari, pemerintah selanjutnya akan segera mengupayakan pendirian Pengadilan Negeri dan Polres, ujar Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap.

Sementara itu tokoh Kejaksaan yang juga putra asli Paluta Chairuman Harahap mengatakan, pembentukan Kejari untuk tingkat kabupaten dan kota sangat perlu, khususnya Paluta. Setelah adanya Kejari, diharapkan dapat menjadi pemecah kebuntuan dalam permasalahan dan sengketa-sengketa masyarakat.

Semoga Kejari Gunung Tua bisa memberikan kemaslahatan bagi masyarakat yang mencari keadilan hukum, kata Chairuman Harahap dihadapan undangan.

Sementara itu Kajatisu Muhammad Yusni SH MH usai peresmian menyampaikan, dengan kehadiran Kejari di Gunung Tua, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan dalam bidang yudikatif tanpa harus pergi ke Kota Padang Sidimpuan lagi. Karena sesuai dengan petikan surat keputusan dari Presiden RI Nomor 11 tahun 2014, pasal 1 dan 2 ayat 5 dengan tegas dikatakan bahwa Kejari Gunung Tua berkedudukan di Kota Gunung Tua dan daerah kerjanya meliputi Kabupaten Paluta.

Usai acara peresmian, Kajatisu Muhammad Yusni SH MH yang didampingi Nyonya Sofiani Hartati juga menyempatkan diri melihat lokasi pertapakan pembangunan kantor Kejari Gunung Tua yang telah disiapkan Pemkab Paluta seluas 1,5 hektare di daerah Paranginan, Kecamatan Padang Bolak. (mag-02)

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT

Bupati & Wakil Bupati

...
 

JAJAK PENDAPAT

Menurut Anda apa yang perlu dibenahi dari Kabupaten Padang Lawas Utara?

LIHAT HASIL
Flag Counter