Home >> Berita >> Artikel

Test Rapit Masal di Pasar Gunung Tua

Jum'at, 18 September 2020 ~ Oleh penulis ~ Dilihat 123 Kali

Covid Covid-19 Corona Pemkabpaluta Paluta

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan rapid test Virus Corona (Covid-19) di Pasar Gunung Tua, Kamis (17/09/2020).

Rapid test tersebut diperuntukkan bagi sejumlah pedagang sekaligus pembeli yang paling banyak kerumunan, dalam artian lapak pedagang yang banyak dikunjungi orang. Tujuan dilakukan rapid test ini untuk melihat sejauh mana penyebaran Virus Corona (Covid-19) di masyarakat dan bagaimana memantau masyarakat yang terdampak virus atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Prihatin N. Harahap, M.Kes mengatakan kegiatan ini sebagai langkah awal mendeteksi seseorang yang positif terjangkit Virus Corona (Covid-19). Jika setelah dilakukan rapid test hasilnya reaktif, maka petugas akan menindaklanjuti secara medis kepada mereka untuk dilanjutkan ke tahap tes swab agar diketahui positif terkena Virus Corona (Covid-19) atau tidak.

Beliau juga menjelaskan bahwa pelaksanaan rapid test massal ini digelar secara serentak di 5 pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara antara lain pasar Gunungtua di kecamatan Padang Bolak, pasar Purba Bangun di Kecamatan Portibi, pasar Batu Gana di kecamatan Padang Bolak Julu, pasar Aek Godang di kecamatan Hulu Sihapas dan pasar Siunggam di kecamatan Padang Bolak Tenggara.

Beliau berharap masyarakat di Kabupaten Padang Lawas Utara untuk meningkatkan kedisiplinan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum dan sesudah aktivitas, pakai masker, pola hidup bersih dan sehat, serta rajin berolahraga

Ulang lupa like, comment, follow dohot subscribe

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT