• PENGUMUMAN : LPSE Kabupaten Padang Lawas Utara Telah di Ubah dari Versi 3.6 Manjadi 4.2. Admin

Iklim Padang Lawas Utara

Kabupaten Padang Lawasn Utara terletak dekat garis khtulistiwa yang mengakibatkan iklimnya tergolong pada iklim tropis.Ketinggian Permukaan daratan Kabupaten Padang Lawas utara berada pada 0 – 1915 m di atas permukaan laut, sehingga daerahnya beriklim cukup panas bisa mencapai 37¬¬0 C, sebagian daerah beriklim sedang yang suhu menimalnya mencapai 18,90 C. Sebagaimana musim Indonesia pada umumnya, Kabupaten Padang Lawas Utara mempunyai musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan April sampai dengan bulan Juni dan musim penghujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember, diantara kedua musim itu diselingi dengan musim pancaroba.

Rata-rata curah hujan 169,47 mm/bulan. Berdasarkan klasifikasi iklim menurut Oldeman rata-rata curah hujan/bulan untuk tanaman padi minimal 200 mm/bulan dan untuk palawija berkisar 100 - 200 mm/bulan . Type iklim di Kabupaten Padang Lawas Utara menurut Oldeman termasuk type:

  1. Tipe D1 yaitu bulan basah 3 - 4 bulan dan bulan kering < 2 bulan dengan cakupan daerah Kecamatan Batang Onang, Dolok, Dolok Sigompulon, dan Hulu Sihapas.
  2. Tipe E2 yaitu bulan basah < dan bulan kering 2 - 3 bulan Kecamatan Padang Bolak, Padang Bolak Julu, Halongonan, Simangambat dan Portibi.

Jum'at, 31 Maret 2017 ~ Oleh admin ~ Dilihat 1346 Kali

Komentar Anda