• PENGUMUMAN : Kepada Seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara Jangan Lupa Melaporkan SPT Tahun 2017. Admin

Peternakan Sapi Padang Lawas Utara

Padang Lawas Utara (Paluta) yang dahulunya lebih dikenal dengan nama Padang Bolak (Padang yang luas = bolak) terkenal sebagai padang penggembalaan yang luas sangat terkenal pula penghasil ternak kerbau, lembu, dan kambing. Hasil ternak untuk keperluan kegiatan adat/budaya, peringatan hari-hari besar, dan lain-lain hingga ekspor dalam negeri, maka dahulunya menjadi ikon Padang Lawas Utara. Kehadiran pasukan Rajendra Cola I dan area dengan produksi ternak menjadi bukti sejarah yang kuat bagi Paluta.

Sampai pertengahan 1980-an, jika setiap kepala keluarga memiliki ternak kerbau 60 ekor saja dikali lebih kurang 35.000 kepala keluarga berarti sama dengan 1.920.000 ekor kerbau yang dimiliki masyarakat Paluta. Belum dihitung Lembu dan Kambing/Domba. Sekarang penduduk Paluta sudah mencapai 44.910 kepala keluarga. Orang luar yang belum pernah lintas disana ketika itu, sering berprasangka dan berucap, "Kenapa begitu banyak batu dihamparan padang-padang itu". Karena Kerbau berkulit hitam disangka batu.

Dalam rangka memacu pem bangunan, Tahun 2009 ini pemerintah pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum melakukan pembinaan dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Padang Lawas Utara sebagai upaya pemerintah pusat dan daerah mempercepat penyesuaian RTRW dengan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Penyusunan RTRW tersebut akan dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan dan meningkatkan pembangunan yang teratur, mencakup semua sektor dan berkelanjutan sebagaimana dituangkan didalam Visi Padang Lawas Utara yaitu "Masyarakat Paluta Menjadi Lebih Beriman, Cerdas, dan Beradat". Visi tersebut dijabarkan kedalam lima Misi yang akan dicapai. Misi ini disusun mencakup semua bidang agar pembangunan lebih merata.

Mungkin mengingat daerah Paluta yang dahulunya terkenal dengan Padang Penggembalaan dan hasil ternaknya, maka sampai dua butir terkait dengan pengembangan pertanian dan ternak.(MS)

-Bersama Membangun Padang Lawas Utara, Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat-

Padang Lawas Utara Padang Luas Peternakan

Jum'at, 13 Oktober 2017 ~ Oleh redaksi berita ~ Dilihat 439 Kali

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT

Bupati & Wakil Bupati

...
 

JAJAK PENDAPAT

Menurut Anda apa yang perlu dibenahi dari Kabupaten Padang Lawas Utara?

LIHAT HASIL
Flag Counter