• PENGUMUMAN : LPSE Kabupaten Padang Lawas Utara Telah di Ubah dari Versi 3.6 Manjadi 4.2. Admin
  • DISKOMINFO PALUTA Selenggarakan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Info Lebihlanjut Hub. 0821-6033-6766 / 0858-8891-1876. DISKOMINFO PALUTA

elatihan Publik Speaking dan Kepribadian Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan Pelatihan Publik Speaking dan Kepribadian Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Selasa (10/9/2019).

Acara Pelatihan Publik Speaking dan Kepribadian Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019 menghadirkan narasumber Profesional Public Speaker dari "The Powermen Hearing Me" Ibu Puli Yunita Daulay dan Ibu Melani Armelia Desky.

Sekretari Daerah H. Burhan Harahap SH., dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah ikut bekerjasama dalam membangun Kabupaten Padang Lawas Utara dengan harapan kekompakan yang dibina ini terus terjalin dengan baik.

Beliau juga sangat menyambut baik pelatihan ini, karena ASN sebagai pelayan publik harus bisa menguasai publik speaking, sehingga dalam menerima dan menyampaikan informasi kepada masyarakat tidak terjadi miskomunikasi. “ASN harus mampu dan bisa membangun citra dirinya dengan bagaimana menyampaikan segala sesuatu dengan cara yang baik, berbahasa yang baik dan mudah dipahami serta dapat diterima, sehingga masyarakat dapat tergiring untuk mengaplikasikan apa yang menjadi niat dari para ASN. Besar harapan saya dengan hadirnya narasumber yang sangat luar biasa ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para ASN,”papar beliau.

Disamping itu, Melani Armelia Desky salah satu narasumber pada acara tersebut mengatakan, berbicara adalah kodrat manusia yang paling mendasar. Hal itu yang membedakan manusia dengan spesies lainnya. Oleh karena itu, kemampuan berbicara harus dimanfaatkan dalam konteks apapun. “Public speaking itu enggak beda kok dengan mengobrol sehari-hari seperti yang kita lakukan. Misalnya, ketika kita berbicara di depan publik, ada nilai yang kita berikan kepada orang-orang,” tuturnya.

Ada beberapa cara untuk bisa berkomunikasi dengan baik di depan publik, sekaligus menunjukkan kepribadian kita. Pertama, Prepare dalam arti persiapkan mental, jika kita terlihat gugup, hal itu akan membuat diri kita menjadi tidak santai, selanjutnya persiapan isi atau materi, informasinya harus jelas dan dipahami lebih dahulu. Untuk itu, riset sangat diperlukan dan dipahami guna melihat suatu tema atau topik dari sudut pandang diri sendiri. Kemudian, persiapan penutup untuk mengakhiri materi yang disampaikan. Kedua, practice dalam arti latihan. Ketiga, performance dalam arti kenali audiens. Kita harus tahu siapa yang menjadi audiens kita. Hal itu akan mendekatkan kita dengan lawan bicara dan audiens menjadi paham apa yang hendak dibahas sehingga menghasilkan penampilan yang memuaskan .

Kegiatan pelatihan publik speaking dan kepribadian ASN tahun 2019 yang ditutup dengan beberapa games untuk melatih kebersamaan atau kekompakan antara ASN berjalan dengan sangat meriah dan disambut dengan sangat antusias. Semoga dengan dilaksanakannya pelatihan ini, tugas dan fungsi ASN dapat memastikan bahwa keberadaan pemerintah selalu ada di tengah-tengah masyarakat dan mampu memberikan pelayanan apapun yang dibutuhkan oleh masyarakat secara maksimal.

Senin, 23 September 2019 ~ Oleh admin ~ Dilihat 122 Kali

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT