• PENGUMUMAN : LPSE Kabupaten Padang Lawas Utara Telah di Ubah dari Versi 3.6 Manjadi 4.2. Admin

Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bisa Berkarya

Anak berkebutuhan khusus menurut Heward adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK) biasanya memiliki hambatan/ketidakmampuan baik secara mental, emosional serta fisiologis. Oleh sebab itu Anak berkebutuhan khusus memerlukan bentuk pelayanan/ pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan serta minat/ bakat atau potensi yang mereka miliki. Secara klasifikasi anak berkebutuhan khusus dapat dikelompokan diantaranya anak hambatan penglihatan( tunanetra), anak hambatan pendengaran ( tunarungu), hambatan kecerdasan( tunagrahita), hambatan fungsi fisik( tunadaksa), hambatan prilaku( tunalaras) dan hambatan konsentrasi ( autis). Layanan pendidikan yang diberikan pada anak berkebutuhan khusus harus berorietasi pada kondisi serta kebutuhan sang anak. Begitu juga dengan siswa/i yang sekolah di SLB Kabupaten Padang Lawas Utara yang melayani pendidikan anak berkebutuhan khusus. Pelayanan pendidikan di SLB N padang lawas utara berorientasi pada kemampuaan serta kebutuhan yang dimiliki anak. Salah satunya pelayanan pendidikan vocasional/ keterampilan yang diberikan kepada siswa ditingkat SMPLB dan SMALB.

Sebagian masyarakat mungkin tidak akan percaya bahwa siswa/i ini sudah banyak menghasilkan karya-karya bisa bernilai jual, seperti pembuatan keset, sabun cuci piring, tempat tisue, kerajinan bunga stoking dan peralatan rumah tangga lainnya. Kepala SLB Padang Lawas Utara, Sutoyo, S.Pd mengatakan pelatihan yang diberikan kepada siswa/i SLB Padang Lawas Utara ini dilakukan untuk menggali potensi mereka dan kedepannya mereka bisa bekerja sesuai dengan kemampuannya di masyarakat. Sebab keberhasilan pelayanan pendidikan yang diberikan akan dapat dilihat dari tamatan intansi pendidikan tersebut khususnya kami di SLB N padang lawas utara. Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa kami adalah kemandirian anak itu sendiri. Baik secara pribadi, hidup bermayarakat dan yang lebih terpenting kemandirianya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini dikarenakan mereka sama seperti kita pada umumnya yang tidak mungkin selalu begantung pada orang tuanya. beliau juga berharap kepada orangtua yang mempunyai anak yang berkebutuhan khusus agar menyekolahkan anaknya di SLB karena pendidikan di SLB akan disesuaikan dengan kebutuhan anak tersebut berbeda halnya dengan sekolah umum.

Guru SLB Negeri Padang Lawas Utara, Irwandi, S.Pd mengatakan karya-karya siswa/i SLB sudah dapat diterima oleh masyarakat bahkan sudah dipasarkan dibeberapa toko/warung di Kabupaten Padang Lawas Utara seperti sabun cuci piring. Pembuatan sabun cuci piring diproduksi serta dipasarkan oleh siswa SLB N padang lawas utara, sabun ini dijual 5.000 rupiah perbotol, dengan rincian 3.000 rupiah untuk biaya produksi dan 2.000 rupiah langsung diberikan langsung kepada siswa yang memproduksi atau yang memasarkan. Ada juga keset yang dijual dengan harga 15.000 dengan biaya produksi 10.000 rupiah dan 5.000 untuk siswa yang memproduksi, sehingga siswa sudah mempunyai penghasilan dari kerjanya sendiri. Kegiatan vocasional tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan siswa kami dalam menghadapi dunia kerja jika nanti mereka telah menamatkan pendidikan di SLB. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa memahami ilmu marketing/ jual beli dalam dunia usaha. Dan yang lebih terpenting adalah memberikan pelajaran/pemahaman kepada masyarakat khusus masyarakat PALUTA bahwa mereka juga bisa berbuat dan berinovasi layaknya masayarakat pada umumnya. Ini disebabkan masih banyak masyarakat yang memandang mereka sebelah mata bahkan dibeberapa kasus ada yang menganggap mereka sebagai anak yang tidak bisa berbuat apa apa dan menjadi beban dalam keluarga. Irwandi juga berharap agar karya-karya siswa/i SLB ini dapat lebih diminati masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat menambah semangat siswa kami dalam memproduksi hasil kerajinan yang yang mereka minati. Karena dengan memakai produk siswa kami berarti masyarakat telah membantu mereka untuk mandiri. Dan semoga Allah membalas kebaikan nya dengan pahala yang sebesar besarnya. Aamiin pemesanan bisa langsung datang ke SLB Padang Lawas Utara dan akan diantarkan langsung oleh siswa/i di dampingi guru, ujar Irwandi.

Selasa, 18 September 2018 ~ Oleh admin ~ Dilihat 336 Kali

Komentar Anda

  1. Berita TERKAIT